Kamis, 08 Desember 2011

Catatan Perjalananku Ke Beijing, China


By sunar
sunar.st@gmail.com

Selasa, 22 November 2011 seharian persiapan packing dan finishing check semua barang bawaan di koper dan ransel (back-pack).  Telah kupersiapkan semuanya dibantu istri tercinta (tanks a lot my baby) yang mengingatkan keperluan apa aja yang harus di bawa dan menata semua bawaan jadi rapi/ringkas (just 2 package one koper and one ransel). Pesawat jadwal penerbangan jam 22.55 WIB dan harus check-in sejam sebelumnya. Kawan-kawan sepakat jam 21.00 WIB sudah sampai di bandara sehingga bisa punya waktu leluasa untuk koordinasi,check-in dan tidak terburu-buru. Saya jam 19.00 WIB sudah siap berangkat demikian juga istri,anak-anak dan teteh (batur) juga sudah siap semuanya. Jam 19.10 WIB pak Rika Budi (termasuk rombongan ke china disamping 2 orang lainnya mas Rahmat dan mas DIdi) telp kalo dirinya udah sampe Aster Griya Serpong Asri, Kujawab “wah klewatan pak mundur lagi, aku di blok Anyelir”. Saat itu senang sekali alhamdulilah udah tepat waktu janjian berangkatnya (dalam hatiku). Ee…. Pak Rika datang ternyata pake motor dan bilang kalo barusan pulang dari BSD-Bumi Serpong Damai bilang kalo check dulu biar gak susah nyamperin pake mobil nanti. Weleh…dalam hatiku …lho kok baru pulang, wah alamat lama nih.
Ternyata benar adanya, kumenunggu dan menunggu sampai istri menggerutu…….”tahu gitu kita tetap carter mobil” …he3x..sabar sayang jangan marah-marah entar cepat tua lho….. Padahal dah membatalin carter mobil. Sampai jam 21.00 akhirnya datang, alhamdulilah akhirnya…..
Di tengah perjalanan, nyampe Tol Tangerang menuju bandara, mas Didi telp “udah nyampe mana nih… udah ngantri banyak nih check-in-nya, berapa lama lagi nyampe bandara?”, kujawab  “ msh di tol nih, paling ½ jam lagi“. Mungkin kelamaan nunggu, mas didi telp lagi kalo mo check-in duluan kujawab ya gpp duluan aja. Setelah saya nyampe bandara ternyata mas didi dan mas rachmat baru masuk ruangan screening dan pemeriksaan tiket, so segera kutukerkan tiket elektronik yg sudah ku print sebelumnya ke loket tiket garuda. Alhamdulilah insya-Alloh masih bisa keburu waktunya (dalam hati) saat itu jam 22.15 WIB. Setelah masuk pemeriksaan tiket dan screening barang-barang bawaan menuju ke pengikatan koper, kemudian ke penimbangan bagasi. Karena rombongan 4 orang akhirnya jadi 1 loket penimbangannya, setelah ditimbang total semua bawaan kami berempat over kapasitas bagasi yang diizinkan yaitu 120 kg (masing-masing dijatah 30kg utk student), totalnya 127kg, so kelebihan 7 kg.Dengan gelagat gak enak petugas seolah nglama-ngalamain nimbangnya terus gak segera dijalanin escalator bagasinya…sambil ngomel ..”gmn nih pak bagasi kelebihan….?”, kami pun bilang kami student, tapi msh kelebihan nih katanya. Akhirnya nge-call supervisor/atasannya mengenai masalah ini. Akhirnya atasannya datang kemudian menanyakan surat bukti kalo kami student, so kutunjukin aja notice dari Beihang university, alhamdulilah akhirnya diloloskan dengan bilang “sebenarnya ini gak boleh, tapi saya tolong deh karena student” serta merta mas Didi bilang terimakasih mbak…!!!. Tapi petugas loket masih aja ngolor-ngolor waktu setelah atasannya pergi, hmmm dasar sukanya repot and mempersulit aja (paling UUD-Ujung-ujungnya duit….eit…jangan su’udzon).
Setelah masalah baggage selesai langsung masuk ke pengecekan paspor di loket Indonesian (hmm lumayan ngantri panjang) bisa dilihat pada gambar dibawah.   

Alhamdulilah proses pun selesai pada waktu yang sangat mepet dengan jadwal take-off (the last minute). Baru jalan ke proses berikutnya langsung ada petugas dari jauh teriak Beijing pak? Kami jawab iya, cepat pak udah mo take-off, weleh…. Mefet banget nih….dengan segera lari-lari kecil dan ada cerita sedikit agak unik waktu masuk screening ke-2 di backpack saya ada 2 botol minuman Pocari Sweat dengan petugas disuruh ngeluarin dari tas dan meminum, karena udah buru-buru saya minum sambil jalan, petugas bilang “minum di sini aja pak”….. he3x… padahal udah dipanggil-panggil utk cepat. Akhirnya kuminum botol yg udah kubuka sebelumnya, karena msh banyak gak mungkin kuhabisin…. apalagi botol yg kedua masih utuh. Akhirnya kutinggal aja di dekat alat screening (x-ray), ya semoga minuman itu gak dibuang ….sayang mubadzir.
                Sesampainya di pesawat kami berempat mencari kursi tempat duduk kami, alhamdulilah kelompok deretan hamper paling belakang dan dapat posisi di tengah. Pesawat Garuda Airbus A333 ukurannya sangat besar 1 deret terdapat 7 tempat duduk dengan 2 jalur tempat mondar-mandir pramugari. Pesawat ini dilengkapi monitor display touchreen di depan tempat duduk yang lengkap informasinya: bisa mutar music, melihat siaran tv, informasi tempat wisata, informasi perjalanan dll. Saya sangat tertarik dengan menu informasi perjalanan karena di salah satu sub-menu terdapat monitoring riil time perjalanan pesawat yang saya naiki (jalur yang dilalui, informasi kecepatan,suhu, angka mach-number kecepatan, suhu di luar pesawat, waktu di Jakarta dan waktu Beijing, yang sangat menarik informasi tersebut riil time dan posisi pesawat di plot pada peta elektronik yang menambah lebih informative). Hmmm jadi ingat penelitian UAV yang dilengkapi dengan ground segment untuk plotting posisi saat terbang secara riil time. Foto-foto berikut memperjelas keterangan ini:
 
Selama perjalanan juga dapat fasilitas snack dan makan berat, alhamdulilah saat terasa lapar makanan pun tersedia…enaak tenan…

Alhamdulilah ketika sampai di Bandara Peking, Beijing sudah ada kawan yang njemput (mas Efendi Dodi).


 Ketika di ruangan bandara kondisi udara hangat but ketika ke luar dari ruangan bandara……eit…hmm kayak masuk freezer mak nyesss…ademe.  Alhamdulilah jaket tebal, sal, sarung tangan udah disiapkan…. Saatnya memakai pada waktu dan kondisi yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda Telah Mengunjungi Web Kami, Semoga Memberikan Manfaat. Tuliskan kritik dan sarannya...trims

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More